Kesetimbangan baru harga minyak dunia saat ini mendorong efisiensi di semua lini pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya minyak bumi dan gas.

Kabar menggembirakan di awal tahun 2018 menunjukkan trend naiknya harga minyak dunia adalah hal yang harus disikapi dengan bijaksana. Efisiensi dan optimasi harus tetap menjadi kata kunci dalam day-to-day operation bisnis ini, mulai dari fase perencanaan hingga fase operasi. Dalam rangka menangkap peluang dan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada dalam menghadapi kondisi di atas, SKK MIGAS selaku penggagas  bekerjasama dengan IAFMI (Ikatanm Ahli Fasilitas Produksi Minyak dan Gas Bumi Indonesia) sebagai pelaksana acara bermaksud mengadakan acara Konferensi dan Pameran Forum Fasilitas Produksi MIGAS 2018.

 

Konferensi Forum Fasilitas Produksi MIGAS 2018 ini direncanakan dihadiri oleh para praktisi bisnis dan pemangku kepentingan dunia MIGAS termasuk institusi pemerintah di lingkungan MIGAS dan SKK MIGAS, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), Konsultan Engineering, Kontraktor EPCI, Kontraktor Penyedia Barang dan Jasa, dan Perbankan. Kegiatan ini berbentuk Konferensi yang akan menghadirkan Key Note Speakers dan para panelis untuk membahas permasalahan, lessons learned, dan berbagi best practices dalam 3 (tiga) sub bagian : Proyek, Desain dan Teknologi, dan Pemeliharaan Fasilitas.

Tema yang diangkat tahun ini adalah “Optimasi Desain, Proyek dan Pemeliharaan Fasilitas Produksi MIGAS”. Optimasi mulai dari fase desain (pemilihan jenis material, jenis peralatan, pemilihan teknologi), fase proyek (penentuan strategi kontrak dan pengadaan, pengadaan material dan jasa, manajemen mutu, waktu dan biaya), dan fase operasi (asset transfer/sharing, optimasi downtime dan waktu ramp-up yang lebih cepat). Forum ini diharapkan dapat menghasilkan rumusan mengenai permasalahan-permasalahan yang mengemuka dan menjadi rekomendasi bagi para pemangku kepentingan terutama para pembuat kebijakan industri hulu migas di pemerintahan.

Selain Konferensi, akan ditampilkan juga pameran perkembangan aplikasi keilmuan dan teknologi fasilitas permukaan migas termasuk di dalamnya pipa, rotating machinery, fasilitas subsea, dan sebagainya dari para penyedia barang dan jasa migas, serta pola pembiayaan oleh Perbankan Nasional. Selain aplikasi  teknologi baru, pameran juga mengutamakan material dan peralatan pabrikan lokal dengan semangat untuk turut mendukung pengutamaan produk dalam negeri melalui pemberian kesempatan industri dalam negeri untuk berpartisipasi lebih banyak dalam proyek-proyek migas.

Acara pameran diharapkan dapat memberikan ruang bagi seluruh pelaku industri MIGAS (terutama penyedia barang dan peralatan pabrikan lokal) untuk dapat mempromosikan dan mengenalkan diri guna membuka peluang yang lebih lebar untuk terlibat dan mendukung kegiatan MIGAS nasional.

IAFMI sebagai wadah para profesional dan ahli dalam pengembangan dan pengelolaan fasilitas produksi MIGAS menjembatani industri hulu dan hilir MIGAS melalui konferensi dan pameran ini. Dengan adanya konferensi ini diharapkan terjadi transfer pengetahuan dan pengalaman di antara proyek-proyek MIGAS, termasuk juga dari Industri Hilir MIGAS. Hasil konferensi dan pameran ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi seluruh kalangan baik itu Pemerintah, KKKS, maupun industri penunjang kegiatan usaha Hulu MIGAS dalam mengoptimalkan seluruh sumber daya dan aspek dalam menjalankan bisnis proses yang pada akhirnya dapat menumbuhkan keandalan operasi dan bisnis.

 

FORMAT ACARA

1.       Konferensi

Konvensi dan Pameran Forum Fasilitas Produksi MIGAS 2018 direncanakan untuk diselenggarakan di Yogyakarta selama 3 (tiga) hari, yaitu pada tanggal 25, 26, dan 27 April 2018. Diperkirakan tidak kurang dari 350 peserta dari seluruh pelaku industri migas hulu dan hilir akan menghadiri event ini.

Dalam acara ini akan dihadirkan Key Note Speaker dan para Panelis yang akan memaparkan pandangan, lessons learned, maupun best practice terkait isu-isu Desain dan Teknologi, Manajemen Proyek, dan Pemeliharaan Fasilitas Produksi. Panel-panel diskusi akan di lakukan di break out room sesuai dengan tiga kategori utama: Proyek, Desain dan Teknologi, dan Pemeliharaan Fasilitas

Acara akan ditutup dengan pemaparan Rekomendasi serta Business Forum bersama Kementrian Perindustrian, Kemenko Maritim, Kementrian ESDM, SKK Migas, dan para pelaku Industri Nasional dengan Tema “Peluang dan Kebijakan bagi Industri Nasional dalam Menunjang Kegiatan Produksi Migas yang Makin Kompetitif”

Key Note Speaker dan Panelis untuk acara ini adalah sebagai berikut :

1.       Arcandra Tahar, M.Sc, Ph.D – Wakil Menteri ESDM

2.       Elia Massa Manik – Direktur Utama Pertamina Persero

3.       Amien Sunaryadi, Kepala SKK Migas

4.       Komite Percepatan Proyek Infrastruktur

5.       PT. Chandra Asri Petrochemical, Tbk

6.       Fatar Yani A, Deputi Operasi SKK Migas

7.       PT Badak NGL

8.       GMF Power Service

9.       SKK Migas, KKKS dari Divisi Proyek, Pemeliharaan dan Design Engineering

10.   Konsultan Engineering, Kontraktor Jasa Terintegrasi (EPC) dan Supplier/Vendor

11.   Industri Lainnya

Berikut adalah gambaran susunan acara.

 

25 April 2018

·       Pembukaan oleh Kepala SKK Migas dan Wakil Menteri ESDM

·       Key Note Speaker: Wakil Menteri ESDM dan Direktur Utama PT. Pertamina Persero

 

·       Diskusi Panel 1 : Proyek

Tema: Sinergi Proyek Hulu Migas dan Industri Hilir

·       Diskusi Panel 2 : Pemeliharaan dan Operasi

Tema: Permasalahan Unplanned Shutdown dari Perspektif Industri Hulu, Hilir dan Industri Lain

 

26 April 2018

·       Diskusi Panel Room 1 – Pemeliharaan Fasilitas

Sub tema:

o   Optimalisasi Plant Maintenance dan kaitannya dengan Unplanned Shutdown

o   Operational / Sparing Philosophy untuk meminalkan Unplanned Shutdown

o   Strategi Integrasi Penyediaan Spare Parts / Units Untuk Mendukung Kehandalan Fasilitas Produksi

·       Diskusi Panel Room 2 – Proyek Fasilitas Produksi

Sub tema:

o   Fit for Purpose Design from Life Cycle Cost Perspective

o   Optimum Project Contracting Strategy for on time delivery

o   Execution and Constructability Lessons Learned

·       Diskusi Panel Room 2 – Disain dan Teknologi

Sub tema:

o   Standard FEED Quality

o   Teknologi Fasilitas Produksi (Rotating Machinary)

o   Teknologi Fasilitas Produksi (Deep Water)

o   Integrated Operation Decision Support Centre

 27 April 2018

·       Business Forum dengan Kementrian Perindustrian, Kemenko Maritim, Kementrian ESDM, SKK Migas, dan para pelaku Industri Nasional dengan Tema “Peluang dan Kebijakan bagi Industri Nasional dalam Menunjang Kegiatan Produksi Migas yang Makin Kompetitif”

·       Laporan Kesimpulan dan Rekomendasi

·       Penutupan

28 April

·       IAFMI Jogja Heritage Visit

Catatan: Pada masing-masing Break-out session dan saat Lunch terdapat presentasi khusus para vendor.

2.   Pameran

Selain Konferensi, akan ditampilkan juga Pameran perkembangan aplikasi keilmuan dan teknologi fasilitas permukaan migas termasuk di dalamnya rotating machinery, subsea technology dan sebagainya dari para penyedia barang dan jasa migas. Selain aplikasi  teknologi baru juga diutamakan material dan peralatan pabrikan dalam negeri dengan semangat untuk turut mendukung pengutamaan produk dalam negeri melalui pemberian kesempatan industri dalam negeri untuk berpartisipasi lebih banyak dalam proyek-proyek migas.

 

Acara pameran juga akan memberikan ruang bagi seluruh pelaku industri migas (terutama penyedia material dan peralatan pabrikan dalam negeri) untuk dapat mempromosikan dan mengenalkan diri guna membuka peluang yang lebih lebar untuk terlibat dalam kegiatan usaha migas. Dengan acara ini diharapkan terjadi transfer pengetahuan dan pengalaman di antara mereka yang sudah terlibat dalam proyek-proyek hulu dan hilir miga. Hasil konferensi dan pameran ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi seluruh kalangan baik Pemerintah, KKKS, maupun industri penunjang migas hulu maupun hilir dalam mengoptimalkan seluruh sumber daya dan aspek dalam menjalankan industrinya.