Bertempat di Auditorium Universitas Pertamina Simprug Jakarta Selatan, Ikatan Ahli Fasilitas Produksi Migas Indonesia (IAFMI) mengadakan acara Plant Simulation Workshop dengan tema ‘Aplikasi Aspentech Hysys dalam Proyek Fasilitas Produksi Migas’ tanggal 24 Mei 2017.

Workshop sehari ini merupakan rangkaian dari kegiatan Plant Simulation Student Competition JCM 2017 yang diikuti oleh mahasiswa se Indonesia terutama dengan latar belakang Teknik Kimia.

Plant Simulation Workshop yang dihadiri oleh sekitar 60 orang yang merupakan para mahasiswa dan dosen Universitas Pertamina serta peserta kompetisi dan pembimbing dari Universitas Brawijaya, menghadirkan pemateri dari Jin Phillip, Ph.D yang merupakan Business Consultant Aspentech Technology Singapura. Workshop ini juga didukung oleh PT. Danan Wingus Sakti (DWS) yang menjadi sole agent Aspentech di Indonesia.

Workshop dibuka oleh Edim Toto Sinulingga sebagai Media Relation IAFMI dan dilanjutkan sambutan singkat Kaprodi Teknik Kimia Universitas Pertamina, Wegik Dwi Prasetiyo. Selanjutnya, Jin Phillip memberikan presentasi mengenai bagaimana perangkat lunak Aspentech Hysys membantu para engineer dalam melakukan perancangan, kalkulasi, dan simulasi dalam proyek-proyek fasilitas produksi migas. Salah satunya dengan menggunakan tools dynamic simulation dan Aspen Economic Evaluation.

 

Workshop ditutup dengan simulasi interaktif Aspen Hysys serta penyerahan memento dan jurnal IAFMI kepada Jin Phillip (Aspentech), Bayu Triono (DWS), dan Wegik Dwi Prasetiyo (Universitas Pertamina).