Ikatan Ahli Fasilitas produksi Minyak dan Gas Bumi Indonesia (IAFMI) menggelar acara pelatihan keahlian welder (juru las) untuk tingkat pemula. Pelatihan ini terbagi menjadi 2 batch, yang setiap batchnya terdiri dari 24 peserta. Pelatihan ini dilaksanakan di daerah pengembangan gas milik Pertamina EP, yaitu CPP Matindok Batui dan CPP Donggi Kecamatan Toili, Sulawesi Tengah.

Penyelenggaraan Batch I dilakukan di lapangan Matindok yang telah dimulai dari tanggal 7 hingga 31 Januari 2016. Selanjutnya, untuk Batch II direncanakan dimulai tanggal 9 Februari hingga 3 Maret 2016 di lapangan Donggi. Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu misi IAFMI dalam membangun kapasitas dan kompetensi SDM Nasional di wilayah kerja MIGAS. Program ini dikoordinasikan oleh IAFMI, melibatkan Guna Nusa dan Titis Sampoerna serta didukung penuh dengan program CSR Pertamina EP, Wijaya Karya (WIKA) dan Rekayasa Industri. Pertamina EP, WIKA dan Rekind yang telah berada di  wilayah Matindok dan Donggi untuk pengembangan proyek Migas, ikut aktif menjadi bagian penting dalam program pelatihan ini melalui program CSR-nya.

Pada Batch I, Pertamina EP menggandeng Wijaya Karya (WIKA) selaku kontraktor CPP Matindok dalam penyelenggaraan program pelatihan welder ini. Selain itu, trainer dan inspector  welding yang berpengalaman dari Guna Nusa dan Titis Sampurna Inspection dilibatkan untuk mensukseskan pelatihan ini. Pembukaan pelatihan welder tingkat pemula untuk Batch I telah dilaksanakan pada tanggal 7 Januari di Matindok. Turut hadir sebagai perwakilan dari Pertamina EP Bapak Andy Martha dan Bapak Refmiadi (Coordinator Site Matindok), Bapak Fauzan sebagai perwakilan WIKA, Bapak Andi Yuda A sebagai perwakilan Trainer, dan Bapak Ahmad Yani selaku Project Manager dari IAFMI. Turut hadir dalam acara pembukaan adalah Kepala Desa Nonong Imran Patapu dan juga seluruh peserta welding training yang berasal dari berbagai desa di Kecamatan Batui dan Batui Selatan. Acara berlangsung dengan sambutan yang luar biasa dari berbagai pihak yang sangat mendukung program ini. Selanjutnya, pembukaan kegiatan pelatihan welder Batch I ini dibuka secara simbolik oleh Bapak Refmiadi dari Pertamina EP dengan menyematkan ID Card pelatihan kepada perwakilan peserta.

Pelatihan welder tingkat pemula akan beralangsung selama 17 hari, diawali dengan pemberian materi di ruangan kelas dan dilanjutkan berlatih di workshop sampai program selesai.

 

Dengan pelatihan ini, diharapkan peserta dapat memiliki kemampuan dasar sebagai welder yang kelak dapat ditingkatkan kualifikasinya ke jenjang yang lebih tinggi dimasa yang akan datang sehingga peserta dapat berkompetisi dalam dunia kerja baik  di Industri Minyak dan Gas, Petrokimia, Pupuk, Power dan industri lainnya. Lebih jauh lagi, peserta dapat menggunakan keahliannya untuk membuka lapangan kerja baru.